Shadow

Head to Head : Helmi Hasan Menang Dari Rohidin

Opini terkini.com – Helmi Hasan diprediksi akan menang dari Rohidin Mersyah bila bertarung head to head dalam Pilgub Bengkulu. Hal ini sesuai dengan hasil survey yang dilakukan Roda Tiga Konsultan dan Fixpoll Indonesia.

Dalam survey Fixpoll Indonesia misalnya. Helmi Hasan ungguli Rohidin Mersyah dengan meraup 28,8% suara. Sedangkan petahana, Rohidin Mersyah akan mendapatkan suara sebanyak 22,6%.

“Dalam survei kami menanyakan seandainya pemilihan dilaksanakan hari ini maka Helmi Hasan akan mengalahkan Rohidin Mersyah,” demikian disampaikan Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Anas.

Survei ini dilakukan pada 9 – 16 Juli lalu. Ada 640 responden yang dijajaki oleh Fixpoll. Dengan metode multistage random sampling, margin error survei sebesar 4,07% dan tingkat kepercayaan 95%.

Senada, Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Muhammad Taufiq Arif, elektabilitas Helmi Hasan juga berada di atas Rohidin Mersyah. Walikota Bengkulu itu menang dengan 23,9% pemilih. Sementara Rohidin Mersyah hanya 17,1% voters.

“Bila head to head antara Helmi dan Rohidin, sementara Agusrin M Najamuddin tidak maju, maka Helmi lebih unggul daripada Rohidin,” jelas Arif.

Dengan data ini, Arif menegaskan voters Helmi Hasan memang memiliki irisan dengan pemilih Agusrin. “Dan pemilih Agusrin lebih memilih Helmi Hasan ketimbang Rohidin, bila Agusrin tidak maju,” imbuhnya.

Sekedar informasi, ada 810 responden dalam survey inim metode yang digunakan adalah statifed systemic random sampling dan margin of error-nya sebesar 3,53%.

“Roda Tiga Konsultan tergabung dalam PERSEPI dan kami siap mempertanggungjawabkan data kami,” kata Arif.

Pengamat : Peluang Menang Helmi Hasan Terbuka Lebar

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Bengkulu, Mirza Yasben menyebut jika Helmi Hasan menjadi salah satu nama yang cukup populer di masyarakat dan berpotensi besar memenangkan Pilgub 2020.

Menurutnya, rekam jejak dan pengalaman poltik Helmi Hasan dinilai sangat mumpuni untuk memimpin masyarakat Provinsi Bengkulu. Apalagi, Helmi Hasan memang tak pernah kalah dalam pertarungan demokrasi.

“Melihat rekam jejaknya mulai dari menjabat anggota DPRD Provinsi dan Walikota Bengkulu dua periode, saya yakin ia akan membentuk kekuatan besar di Pilgub nanti,” ungkapnya.

Menurutnya tidak hanya pengalaman politik, program-program yang digagas Helmi Hasan dalam memimpin Kota Bengkulu diakuinya sangat menyentuh masyarakat secara langsung.

“Beliau ini orangnya cerdas, program-program yang digagasnya saya lihat sangat membantu masyarakat,” tambahnya.

Di tengah pandemi ini Helmi bahkan berani mengambil resiko dengan memangkas APBD paling besar di Provinsi Bengkulu untuk penanganan virus corona. Hal ini menurut Mirza sangat jarang dimiliki seorang pemimpin yang berani mengambil resiko besar.(*)

Sumber : KabarRaflesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *